Soal Ayumi buta, makin seru atau sebaliknya?

Sudah baca serial Betsuhana kan? Itu loooh lanjutan cerita Topeng Kaca(TK) yang belum diterbitkan menjadi buku.
Bagi yang sudah baca, tentu tau kan kalau 'update' terbaru adalah Ayumi mengalami gangguan penglihatan dengan resiko terburuk kebutaan.
Nah disini saya lihat banyak pembaca yang berpendapat bahwa kebutaan Ayumi adalah pertanda ketidakmampuan Suzue Miuchi membuat 'penghalang' bagi Ayumi meraih Bidadari Merah (BM), agar BM bisa jatuh ke tangan Maya si tokoh utama cerita ini. Bahkan ada yang bilang ceritanya jadi seperti sinetron (tau kan sinetron Indonesia, 'penghalang kesuksesan' tokohnya biasanya amnesia, buta, cacat, dll).
Nah saya ingin sedikit menjelaskan pendapat saya yang berseberangan dengan pendapat tersebut.

Menurut saya, butanya Ayumi bukan sesuatu yang sia-sia seperti yang banyak terjadi di sinetron. Butanya Ayumi itu memang diperlukan dalam cerita ini. Kalian tahu kan, Ayumi selalu iri pada Maya? Apa sih yang diirikan si gadis cantik sempurna itu?
Ayumi artis yang cantik dan pintar, pandai melakukan apa saja di semua bidang. Sekolah, akting, tari, bahkan memasak pun dia jago. Sebagai gadis cerdas, tentu segala teknik dan teori suatu ilmu mudah saja dia pelajari.
Tapi satu hal yang dia penasaran karena belum menguasainya adalah berakting dengan hati/naluri seperti yang selalu dilakukan Maya!

Sebelum Maya mengenal teknik akting, Maya sudah bisa memerankan sebuah tokoh seolah-olah tokoh yang keluar dari gerakannya adalah karakter nyata. Itu dilakukan Maya secara alami, tanpa berpikir. Maya bisa melakukannya karena dia bisa merasakan perasaan tokoh yang diperankannya, bahkan untuk peran boneka atau batu sekalipun, Maya selalu bisa memahami perasaan benda-benda tersebut.

Semua teknik akting yang dipelajari Ayumi tak ada yang bisa mengajarkan kemampuan seperti itu. Nah, kebutaan adalah sebuah cara yang tak nyaman, tapi bisa membuat Ayumi memperlajari kemampuan Maya itu. Ayumi mengesampingkan fungsi matanya, dan mulai melihat dunia dengan hatinya, dengan perasaannya.
Hasilnya, kita lihat sendiri di Serial Betsuhana, Ayumi mengungkapkan bahwa dia bisa mendengar suara bunga yang sedang mekar, bisa memahami perasaan lawan main yang sedang beradu akting dengannya, kemajuan semacam ini sulit didapatkan tanpa mengalami kebutaan. Apalagi untuk peran BM, adalah penting untuk mampu memahami perasaan benda-benda di alam semesta karena alam semesta adalah satu kesatuan dengan BM. Bagaimana mungkin bisa sempurna memerankan BM tanpa memahami perasaan alam semesta? Sejak awal Bu Tsukikage memilih Maya sebagai calon BM karena beliau tahu Maya akan bisa memahami perasaan BM dari caranya memerankan berbagai tokoh

Maka dengan butanya Ayumi, persaingan BM bukannya semakin ringan untuk Maya tapi malah semakin berat. Ayumi mulai menyusul kemampuan Maya dalam memahami perasaan tokoh yang diperankan, sementara Maya, apakah mungkin mampu menyusul Ayumi dalam hal teknik akting dalam waktu sesingkat itu?
Nah, bagaimana? Mulai merasa khawatir? Sudah cemas kalau-kalau BM jatuh ke tangan Ayumi? Harusnya itulah yang kita rasakan saat mengetahui Ayumi dibuat buta oleh Suzue Miuchi.

Kalau begitu apa yang akan terjadi setelah Ayumi punya kemampuan selevel dengan Maya? Apa yang bisa membuat Maya memenangkan pertarungan ini? Semua masih misteri. Ini membuktikan Suzue Miuchi merancang semuanya dengan seksama, tidak seperti plot sinetron kejar tayang yang dibuat asal-asalan dan mudah ditebak kemana arahnya.

Sekali lagi, buat saya Topeng Kaca tetap salah satu cerita terbaik yang pernah ada di dunia ini. Ini karya agung yang layak dikenang sepanjang masa.

55 komentar:

sarah mengatakan...

betu...betull....betu....

gw stuju bgt...

dr prtama gw liat BM 16 jug gw mrasakan hal yg sama....

kira2 hsl akhir na gmn yaaa???
makin g bs dtebak ja...

bus mengatakan...

mba Bidadari merah no 4_9 kok belum???

ichanoya mengatakan...

Alamat masih akan lama buat nentuin siapa yg jadi pemenang...habis kejar2an mulu...

Anonim mengatakan...

setuju setuju setuju,
kapan lanjutannya jadi penasarna setengah mati

Betsi mengatakan...

Gw juga setuju dengan hal ini, tetapi tetap aja Maya lebih unggul dari pada Ayumi...

Karena dalam peran BM akan ada bagian mengenai Belahan Jiwa, maya yang sudah mengenal cinta pasti akan lebih unggul...

Anonim mengatakan...

Persaingan jadi tambah berat. Ayumi jadi bisa mengatasi kekurangan jiwa aktingnya selama ini. Tapi tetap aja, kl dia ga bisa liat, kan ga bisa manggung dengan tarian. kl cuma duduk manis aja, mungkin bisa mengalahkan kejeniusan akting Maya.

Maya itu dari dulu masalah di teknik aktingnya, tapi yg sebenarnya masalah Maya itu, adalah perasaannya/moodnya.
Maya itu moody bgt, dan cenderung ga bisa mengontrol emosi. Ada masalah dikit langsung down, aktingnya kacau. Untung teamnya bisa maklum. Aq berharap Suzue Miuchi mendewasakan Maya sedikit, seperti kepribadiannya Mizuki / Rei / Shiori. Jadi wanita yang berpikir mendalam dan menganalisa lingkungan dgn tepat & cepat.
Kalau Maya bisa lebih dewasa, aq yakin 100% BM jadi milik Maya, she is perfect. ^^ -excited-

Anonim mengatakan...

Q juga mikir gt mbak odeth.... Q mikir,jangan2 ayumi yg dapet peran BM.... Jangan sampek deh....
Q bahkan lbh mentingin xari n baca topeng kaca daripada ngerjakan skripsiQ lho. hehehe....

Anonim mengatakan...

Ayumi buta nanti bikin persaingan jd makin seru. Tapi, biar gmn jg gw yakin maya bakal yg dapet bidadari merah. Kan peran utama nya dia. Pementasan bidadari merah merupakan klimaks dr komik ini dibuat.

Maya kan belum ngeluarin "jurus maut"nya, setelah kejadian masumi melindungi maya dr tukang pukul + berlayar satu malam dengan masumi, setelah itu pasti penghayatan maya tentang akoya jadi lebih bagus dan alami.

Jadi gak sabar nih nunggun betsuhana 17.....
hehehe......

Anonim mengatakan...

setuju bangeth..!!!! krn kebutaannya ayumi, malah membuat ayumi semakin maju...gw aja sampe takut klo nanti yg dapat peran BM tuh ayumi, bukannya maya...
jd geregetan bangeth d....

Anonim mengatakan...

Iya, tampaknya obsesi Ayumi dengan 'menampilkan bidadari merahnya sendiri' jadi makin dekat dengan kenyataan justru saat dia buta. Tapi oh...Miuchi san sungguh membuatku gila..... harus menunggu kelanjutan Maya - Masumi setelah mereka ada di kapal berdua??? (beneran sampe mukul meja deh begitu lihat tulisan ini :

"BERSAMBUNG KE BETSUHANA 17 (belum terbit di Jepang)" )

hiks... kapan penantian ini akan berakhir...

ON SALE mengatakan...

MARILAH SEMUANYA BERDO'A
SEMOGA PALING LAMBAT DESEMBER 2011
KOMIK INI DAH BENER2 TAMAT!!!!

Anonim mengatakan...

Persaingan emang makin seru. Tapi soal akoya maya lebih unggul karena ada pengalaman cinta yang mendalam (sama masumi). kecuali kalo tiba2 ayumi juga jatuh cinta dengan orang yang sulit terjangkau tentunya.

Anonim mengatakan...

Ngga adil juga kalo ayumi kalah, secara dia jauh segala - galanya dari maya, tapi kasihan kalo maya kalah, ending nya gmana ya??

f4evermania mengatakan...

haduuhh pokoke g maunya maya n masumi jadian dulu deh itu yg paling penting. kayaknya sih ayumi bakal jadian ma peter tapi kisah cintanya gk sedahsyat akoya isshin ato maya masumi jd mungkin akan kalah di segi cinta sejatinya. klo teknik duuuuhh ragu g maya bs ngalahin ayumi. bulan depan betsuhana 17 keluar kan yaa

Anonim mengatakan...

biar gimanapun maya lebih sempurna jadi bm, secara dia ga buta.. kalopun ayumi penjiwaan nya bagus tentang akoya,, dia ga akan bisa total akting, karena buta.. helllooooowww ini buta gitu loh,,, ending nya gw rasa akan ada double cast, kecuali ayumi ngalah karena bisa nerima kondisi nya...

Anonim mengatakan...

iya sih, persaingan makin sengit, dgn kebutaannya, mudah2an ayumi lbh empati thd org lain dan nggak sombong lagi.
Klo yg merani BM, pasti maya dong, kan maya sdh sering jatuh cinta dan patah hati... klo ayumi kan blm pernah...

Anonim mengatakan...

cerita nya bagus kok..tapi emang jadi makin lama yah...padahal semua ud gk sabar kan pengen segera tau ending nya...

Anonim mengatakan...

Sebetulnya gw lebih suka kalo ayumi gak buta sih. huhuhu ayumi nya kasian :(

Eh tapi gw pernah denger kabar kalo ayumi akhirnya buta dan tetep kalah ama maya dari BM.
Trus ayuminya jadi gila.

Gw denger udah lama banget, tapi lupa sapa yang bilang.

Anonim mengatakan...

mau maya jadi bidadari merah apa tidak, yang penting happy ending, sudah kelamaan nunggu nih... smoga critanya cepet selesai dehhh

Anonim mengatakan...

stuju.dr awal crita ayumi ngalami buta sbenere q jg ngrasa dag dig dug.aplg ayumi org yg pntang nyerah.tp mg aj BM cm n bwt maya seorg aj.masa dy g pnah ngalami kjayaan spt ayumi?gntian dunk.biarkn maya bbangga hti n yqin pjuangan n dkungan mwar jngga g sia2!!!
bravo maya kitajima.

Anonim mengatakan...

pendapat saya jg sama dgn yg ditulis tsb, cuma sayangnya ceritanya jd berulang dan berputar2 membahas ttg ayumi , porsi cerita ttg maya jd berkurang, padahal nunggu keluar komiknya aja butuh kesabaran tinggi, entah sampai kapan tamatnya, :) hehehe,..

Anonim mengatakan...

purple said,,,,
cuma satu yg ga dimiliki ayumi sedangkan maya punya yaitu perasaan cinta yg membara, jelas maya yg akan menang

Anonim mengatakan...

setuju banget..

waktu baca jg gw ngerasa gawat neh.. persaingannya tambah berat untuk Maya !!
karena selama ini Maya menang dalam hal penjiwaan, dlm segi teknik dia masih kalah dari Ayumi..

Suzue Miuchi bakal bikin ending yg kaya gimana ya?? happy ending ga ya??
tambah penasaran aja deh!!!

Anonim mengatakan...

Ayumi dapet banyak keuntungan dari kebutaan dia sudah pasti. Dia bisa lebih memahami Bidadari Merah dan memahami apa yang selama ini tidak bisa dia pahami.
Tapi kalo Maya yang akhirnya menang pun kayaknya ada aja alesan 'Ayumi buta sih'. Dan itu bikin kemenangan dia jadi ngga memuaskan.
Soal Maya / Ayumi yg menang kayanya masih bikin bingung. Bisa2 nanti malah seri >_<
Tapi ngomong2 soal belahan jiwa, kayanya Ayumi bakal jatuh cinta sama fotografer Hamill @_@

Anonim mengatakan...

berhubung semua kisah yang berkaitan dengan bidadari merah di waktu sebelum maya masumi berakhir tragis (seperti mayuko-ichiren ozaki serta sang bidadari merah sendiri yang tak pernah benar2 bersatu), gw rasa kisah bidadari merah maya-masumi akan happily ever after ending.. (benar2 berharap)

untuk pemeran bidadari merah, sepertinya bakal keulang deh kisah hellen keller itu.. jadi double cast.....

Anonim mengatakan...

ah! setuju sama yg terakhir ni.. koq jadi pengen ada 2 bidadari merah ya??? jadi seru sama komentar2 yg nonton akting mrk nantinya.
makin bikin penasaran...........

Anonim mengatakan...

Setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

missAyoe mengatakan...

setuju sama yang diatas.
baik ayumi dan maya dua-duanya punya ciri khas dalam berakting. kalo maya dari segi penjiwaan dan "unpredictable" kalo ayumi dari segi teknik.

awalnya pas tahu ayumi buta, cuma kepikiran kalo yang menang bakal maya, tapi pas baca ceritanya, wheew, ga bakalan mudah ketebak nih secara sang pengarang pandai sekali memainkan intrik cerita... (I love you sensei!!)

so, mana pun yang menang, saya ikut sensei saja, maya nggak menang pun ga masalah, asal si maya jadi sama masumi dan shiori ke laut aja deh! hohoo \(^_^)/

missayoe.blogspot.com

Syabila zahra mengatakan...

Maya & Ayumi 2 tokoh sentral yang membumi. tak bisa dipisahkan. pesaing sekaligus pendorong yg erat satu sama lain. aku berharap baik ayumi dan maya sam2 mendapatkan kebahagiaan pada ending nya.

Anonim mengatakan...

gw cinta banget sama komik yang satu ini..mulai dari awal muncul..kira2x waktu itu gw masih smp..sampe sekarang gw dah merit masih belum juga tamat dan tetep bikin penasaran. biarpun musti nunggu puluhan tahun tapi gw tetep setia dan inget betul jalan ceritanya. sampe-sampe kalo ada masumi di dunia nyata bakal gw embat deh hehe..tapi salut deh sama suzue, bisa menciptakan karakter tokoh yang begitu kuat ngena di hati seperti maya, masumi en ayumi. bagi gw..mo maya atau ayumi yang jadi BM itu gak masalah karena dua-duanya punya kemampuan yang luar biasa dengan caranya masing-masing.moga-moga masumi cepet jadian ma maya..amiinnn..hohohoho..

sakuravina mengatakan...

the best manga ever!!
penasaran apa yg akan terjadi di kapal pesiar itu.. hihihi

alma mengatakan...

Gara2 ini komik,aku jadi suka baca buku lho ^^. dulu nemu komik ini waktu kelas 3 SD *ha2 sekarang dah tua:p *, langsung deh jadi jatuh cinta sm yg namanya komikkk...

Huaaa klu ayumi buta, penjiwaannya jadi makin dapet,makin berat deh perjuangannya mayaT_T

Pengen banget deh BM jadi milik maya,kan selama ini dia selalu dipandang remeh n sebelah mata sama orang2,kan seru klu mereka orang2 itu jadi sadar klu maya itu emang bener2 JENIUS,perfecto ^^...

gimana ya kelanjutan cinta maya-masumi, haddduuu bikin terharu kisah cinta mereka T_T

Anonim mengatakan...

hihihi,ternyata banyak jg yg sependapat sama gw. terserah deh yang dpt BMnya siapa, asalllll maya cepetan jadian sama masumi.
(berdoa jg mudah2an komik ini cepat tamat.amin)

Anonim mengatakan...

Cepetan BM nya dibikin ending....tp harus happy ending yah....soalnya nunggunya udh lama bgt dari aku kls 2 smp skrg udh kerja....hayo...gimana coba buat nahan sabar nunggu BM nya ending....

Anonim mengatakan...

lagunya serina pas bgt bt nie komik "gregetan duh jd geregetan..." entah kapan endingnya -_-'
yang pasti harus happy ending bt maya & masumi
Kalo bisa TK di jadiin serial tv cartoon yah..pasti seru bangget ^_^ kaya sailor moon dkk..

Nunu mengatakan...

...
apapun endingnya.......
Maya H.A..R.U.S sama Masumi

bidadari Merah jadi diperankan siapa
bagiku nggak penting
asalkan Maya dan Masumi Happy Ending....

bee rahma mengatakan...

gmn yak caranya koment di shoutbox??

Anonim mengatakan...

Salluuuuuuuuuutttttttttt sama ceritanya, apa iya sbenernya ada inspirasi dr someone or ... yg jelas, amat sangat membantu sekali buat pencarian jatidiri bagi para pembaca. Poko'e lanjutkan demi tujuan yg pasti tanpa bertele".
Semangat terus buat Maya, en Masumi pastinya. Happy Ending!!!

Anonim mengatakan...

Ga mslh sapa yang jd BM, Maya tetep bisa jd aktris hebat kok. Kalaupun Ayumi yg menang, apaboleh buat, dia memang punya kelebihan teknik dan aktingnya ga kalah bagus dari Maya. Ide doublecast ok juga tuh!
Tapi aku rasa yg penting buat qta tuh sebenarnya bukan siapa yg bakal jadi pendamping Masumi. Jadi, sbg fans maya-Masumi, marilah qta berdoa semoga komik ini cepet selesai dan Maya bisa bersama dgn Masumi dan berbahagia.. Amin!

Anonim mengatakan...

Kl aku berharap butanya Ayumi cm sementara, ky Maya dulu yg nutup mata n telinganya pas latian Helen Keller.
Emang bingung jg sih kl disuruh milih siapa yg pantes meranin BM (tapi kl double-caster jg rasanya udh bukan waktunya lagi). Jauh lebih gampang disuruh milih siapa yg pantes menjadi pendamping Masumi hehehe...

Anonim mengatakan...

perasaan cinta akoya yg tulus utk belahan jiwanya, Isshin, hanya Maya yg bisa memerankan. secara BM mungkin mereka setara, tp cinta yg tulus itu Ayumi tdk pernah merasakan , jd Maya yg tetap lebih unggul dlm hal perasaan.. mudah2an kekurangan dia dalam gerakan luwes dan keindahan menari dapat menutupinya ya.. hehe
Shiori makin keliatan jelas ga pantas jd pendamping Masumi.. ga sabbbaaaarrrr nunggu berikutnya

Anonim mengatakan...

Shiori JELEEEEEEEK x(
menyebbalkan banget tuh cewek satu!
Go go Maya! :D
Go go Ayumi! :D

Anonim mengatakan...

perkiraan gue juga itu mah, tiap kali maya naik level si ayumi pasti ikut naik pas ada masalah menghadang.

Anonim mengatakan...

Saya berdoa semoga Suzue slalu sehat, sehingga kita semua bisa tetap menikmati karyanya..
Bravo Suzue..

Anonim mengatakan...

setuju bgt, sampe-sampe suzui miuchi fakum lama untuk mendalami agama karena beliau ingin membuat karya yang bisa dikenang sepanjang masa, pasti dengan butanya ayumi membuat kemampuan ayumi selevel dengan maya, hanya saja ayumi tidak banyak mengalami liku2 kehidupan seperti maya, sehingga jatuh bangunnya maya merupakan langkah menuju kesuksesan termasuk percintaannya dengan masumi. pengarang novel ini memang hebat.

Anonim mengatakan...

dulu pernah baca di sebuah website yang menceritakan kisah akhir dari komik ini. karena sudah lama sekali, jadinya yang aku ingat adalah bagian:
-maya berhasi memerankan BM dengan baik sekali. ayumi sempat melihat adegan yang memperlihatkan kehebatan maya dalam memerankan BM. lupa saat adegan apa. dan setelah itu, pandangan ayumi gelap dan mengalami kebutaan. nah, saya lupa siapa yang pentas duluan, apakah maya atau ayumi. secara di betsuhana, maya tampil duluan dibandingkan ayumi.

peace

mayasita mengatakan...

seruuuu,,,pengen terus baca lanjutannya tapi kok lama ya terbit seri berikutnya Hiks

Anonim mengatakan...

saya pernah membaca tentang kisah topengkaca episode terakhir, yang di post-kan oleh seseorang sekitar tahun 2005 (kalau tidak salah). Awalnya, saya sangsi kalau cerita tersebut benar, sebab di Jepang aja komik ini belum tamat. Tetapi, saya mulai mempercayai cerita episode terakhir tsb setelah terbukti bahwa Ayumi mengalami kebutaan.
Saat itu, kisah bidadari merah yang beredar di Indonesia belum menceritakan kalau Ayumi mulai mengalami gangguan mata, tetapi dlm episode terakhir diceritakan Ayumi buta setelah dia tidak mematuhi perintah dokter. Ayumi rela mengalami kebutaan asalkan dia bisa melihat aksi bidadari merah Maya di atas panggung.
Saya masih ingat sekali koq cerita ending bidadari merah, hehehe

Sasi Gendro mengatakan...

Ayumi tidak jadi pentas, sebab Ayumi sudah kalah mutlak. Dan Ayumi mengalami kebutaan total. Pentas BM Maya merupakan akhir dari cerita komik ini.
Saya kirim sedikit kisah akhir BM ya..sebab terlalu panjang. Kuharap ceritanya mengobati kerinduan para penggemar.

AIR MATA KEBAHAGIAAN
Satu hari menjelang pertunjukan percobaan Bidadari Merah.

Di atas panggung, di dalam gedung pertunjukan
Maya menundukkan kepalanya pelan-pelan. Terpampang lantai kayu tempatnya selama ini ia berlatih Bidadari Merahnya. Tak terhitung lagi berapa banyak tetes keringatnya terjatuh disana. Dan berapa juta butir air matanya yang mengalir di lantai itu. Sesekali seolah-olah terdengar teriakan Pak Kuronuma saat ia berlatih. Dan pandangan lelah dari para pemain lain ... Aahh ... semakin lama bayangan-bayangan itu semakin jelas. [Semua itu untuk Bidadari Merah ... ya ... Bidadari Merah.]

Ditegakkannya kepalanya kembali. Kini terlihat deretan kursi yang teratur rapi. Sunyi, sepi ... seakan-akan kursi-kursi itu adalah saksi bisunya selama ini. Tiba-tiba... Maya melihat sesosok bayangan seseorang yang sangat dikenalnya. [Masumi ... kaukah itu Masumi ?] Laki-laki itu terlihat berdiri diantara deretan kursi terdepan, membawa sebuket bunga mawar jingga, dengan senyuman manis tersungging di bibirnya. [Ya, kau berjanji akan datang pada pertunjukan percobaan Bidadari Merah yang aku perankan bukan, Masumi ? Kau adalah Si Mawar Jingga yang terus memperhatikanku bukan ?] Maya mengerjapkan matanya dan serta merta bayangan itu hilang. [Jangaaaaannnn ...kemana kau Masumi ? Jangaann pergi Masumi, jangaaann ...
tolong, toloong jangan tinggalkan aku Masumi! Tolonglah...] Wajah Maya pucat seketika, tenggorokannya tercekat,ia ingin berteriak memanggil Masumi, tapi ... tapi tak ada
suara yang keluar. Ia ingin berlari mengejar Masumi, tapi kakinya seolah terpaku di lantai. Lalu terlihat bayangan lain, Shiori ... [Yaa itu Shiori] Wajah cantik memelas itu terlihat menangis dan kedua tangannya terentang disamping kiri-kanannya, melarang Maya untuk mengejar Masumi, melarang Maya untuk mendekati Masumi. Terdengar suara pelan menusuk sanubari, Maya ... Masumi adalah tunanganku,dia calon suamiku ... Maya, jangan kau dekati Masumi ...jangan kau ambil Masumi dariku, dia milikku ... Dan suara itu menghilang bersamaan dengan lenyapnya bayangan Shiori.

yufen18 mengatakan...

wahhhh ga sbr buat baca ver indo nyaa

pasti lama lagiii >"< terbitnyaa

iya setuju dengan analisinya ayumi akhirnya bs menjiwai perannya dengan dia buta, tp itu jg penghalang buat ayumi di atas panggung walaupun dia jenius.

maya ga mungkin bs dalam sehari menjadi mahir dalam semua gerakan senam seperti ayumi, itu adalah sesuatu yg harus di pelajari bertahun2 bukan sesuatu yg bs di dapatkan dengan mujijat.

g harap maya mendapatkan BM dan ujungnya ga berakhir tragis seperti gurunyaa, ga bs mendapatkan belahan jiwanya.

berharap HAPPY ending punya.

Yoghi Martino Yulian mengatakan...

yeahhhhh absoulety true.... butanya ayumi ini bikin kualitas akting ayumi meningkat pesat!

cuman sayang penyebab kebutaan dengan menolong seorang figuran yang tiba tiba hampir tertimpa lampu itu agak terlalu dipaksakan.

saya lebih suka kalau penyebab kebutaan ayumi adalah karena melamun di jalan memikirkan aktingnya sehingga tertabrak mobil dan nyaris buta.

atau boleh juga tertimpa lampu tapi bukan karena mau menolong... dibikin aja figuran itu kebanyakan becanda ga sengaja senggol tiang lampu yang langsung menimpa ayumi.

adegan ayumi mencoba menolong tapi malah dia yang celaka itu terkesan terlalu ditata dan sangat sempurna.

Anonim mengatakan...

yupp.. aku sih sjk ayumi buta udah tw, klw ntinya dia pst latihan pke insting, dipandu sm alam skitar gitu... yah kira2 mirip maya wkt latihan jd helen keller lah.

nayara mengatakan...

kayaknya ayumi dapet bidadari merah, Maya dapet cintanya Masumi....

Anonim mengatakan...

aku pernah baca sinopsisnya, tapi g tau sumbernya dah lama juga, benar gak akhirnya masumi mati?? sad ending dong ((

Pichan mengatakan...

Alurnya memang mulai terasa bagaimanaaaa gitu pas ketika Ayumi buta~~namun yah, ditunggu aja~~ Topeng Kaca ever after buat gw mah :P

Poskan Komentar

 

©2009 www.ruangbaca.tk | Template Blue by TNB