Perjalanan Panjang Topeng Kaca

Saya tidak tahu apakah manga ini sudah didaftarkan di Guinness Book of Record atau belum, tapi yang jelas perjalanan manga ini telah memakan waktu yang cukup lama sampai bertahun-tahun belum juga selesai. Bayangkan saja usianya telah mencapai 30 tahun lebih tapi pembaca belum dapat mengetahui endingnya seperti apa. Coba kita lihat yuk, bagaimana sih perjalanan Topeng Kaca mulai dari dilahirkan sampai sekarang.





Sebelum diterbitkan dalam bentuk buku, pertama kali Topeng Kaca muncul dalam cerita manga bersambung di majalah Hana To Yume pada tahun 1976. Pada tahun yang sama, gambar-gambar tersebut dikumpulkan dan mulai diterbitkan menjadi dua seri tankobon yaitu Topeng Kaca Vol. 1 dan 2. Tankobon adalah istilah untuk buku manga semacam seperti yang diterbitkan di Indonesia. Cerita di Hana To Yume terus bersambung sementara tankobon juga terbit sampai 41 volume di tahun 1998. Tapi di beberapa tankobon volume akhir, Suzue Miuchi menulis dan menggambar ulang ceritanya sehingga ada sedikit perbedaan dengan terbitan Hana To Yume.

Setelah itu versi tankobon berhenti terbit sementara beberapa lanjutan ceritanya terbit di Hana To Yume sampai akhirnya ikut berhenti terbit juga. Lanjutan cerita Hana To Yume ini tidak pernah muncul di versi tankobon yang diterbitkan beberapa tahun kemudian. Pada tahun 1994-1995 Topeng Kaca diterbitkan juga dalam bentuk bunkobon, yaitu buku manga versi murah yang covernya tipis seperti kertas biasa. Versi bunkobon terbit dalam 23 volume tapi ceritanya sama dengan yang ada di ke-41 tankobon.

Kemudian cerita 41 tankobon dikumpulkan lagi, dibagi dan diterbitkan menjadi 14 volume edisi Gekkan Garasu No Kamen pada tahun 2001. Baru pada tahun 2004, tankobon volume 42 diterbitkan. Kalau di Indonesia judulnya Bidadari Merah 9. Ternyata ceritanya sangat berbeda dengan versi yang sempat terbit di Hana To Yume. Rupanya Suzue Miuchi lagi-lagi menggambar dan menulis ulang ceritanya. Tahun 2008 Muchi melanjutkan lagi chapter baru untuk diterbitkan di majalah Bessatsu Hana To Yume (Betsuhana).

Nah dari chapter-chapter baru Betsuhana inilah tankobon baru juga diterbitkan. Chapter 1-4 sudah terbit dalam tankobon vol. 43 (di Indonesia terbit dengan judul Bidadari Merah 10), chapter 5-8 menjadi tankobon vol. 44, dan chapter 9-12 rencananya akan dijadikan tankobon vol. 45. Sementara itu selain tankobon, mulai 2009 di Jepang juga diterbitkan edisi lebar Topeng Kaca dimana satu edisi berisi tiga tankobon. Kira-kira tankobon volume berapakah yang akan jadi penutup perjalanan panjang Topeng Kaca? Kita tunggu saja hingga saat yang mendebarkan itu tiba.

22 komentar:

Nunu Snow Blue mengatakan...

duh..cepet di isi ya yang bidadari merah nya
ku tunggu lhoh

Nunu Snow Blue mengatakan...

kayaknya bakalan lama ini topeng kaca
soale
kalo pengarangnya mood nya lagi baik
banyak ide
wah bisa2 jadi komik abadi sepanjang sejarah

tapi bidadari merah kan emang puncaknya

cerita dari awal sampai akhir tujuannya emang mencapai bidadari merah
semoga
saja
seri 11 sudah berakhir

AMIN...
kalo gak berakhir kasihan para penggemarnya ini...
nunggu luama banget tapi gak ada kepastian

Anonim mengatakan...

kebanyakan orang biasanya kalo rame diawal maka di akhiri dengan "garing" semoga perjalanan panjang ini akhirnya ngak garing ya... thanks. blognya pasti selalu aku baca

juli ardani mengatakan...

lho emang ada ya bidadari merah 10? kok aku ga baca ya..apa emang ketinggalan..hiks...mohon di post dunk gambar buku ke 10 n belinya diman ...thx..

NB; lokasi saya di lombok..susah cr manga yg udah terbit lama

Anonim mengatakan...

aku dah baca sampe bidadari merah 10 ne, tapi yg 11 g' ketemu2... ceritanya masih ngambang, tapi pastinya si maya lah pemenangnya dan menikah dgn masumi, happy ending dech...bahagia punya anak cucu,, ntar kalo suzue muchi dah pensiun, ntar aku yg gantiin dech... heheheh :P

siecantik mengatakan...

mudah2n gak digantung lagi ya!! :)

rahmi mengatakan...

di tunggu bidadari merah 1-9 nya, udah nggak sabar, biar nggak bingung soalnya yg dah di upload kok langsung buku ke 9

zule mengatakan...

Aduuuhhhh...udah nggak sabar pengen baca lanjutan bidadari merah 12. Pengen liat Maya jadian ama Masumi.

shinta295 mengatakan...

Odet...Makasih Banyak ya betsuhana 16-nya...yuhuuuuiii go maya...go masumi...go to hell shiori!:P

ANGGI mengatakan...

aduhhhh no 17 mana??
Gatel deh bu miuchi mau tau akhirnya di kapal bareng.....

irin mengatakan...

i love topeng kaca. aku dah baca sampe masumi mau ketemu maya di hotel, tapi shiori mau bunuh diri.
dah ada yg baca lebih dari itu ?

Anonim mengatakan...

wah, ketemu d hotel? baca dmn? ni cm bru baca yg smpe ketemu di kapal.penasaran kelanjutannya.hiks

Anonim mengatakan...

I love u... Thanks yach akhirnya ku bisa baca Topeng Kaca dan rasanya enggan melepaskannya lagi... semoga sambungannya segera ada!

elga mengatakan...

gara2 off lama banget ceritanya yang sekarang malah agak gak nyambung dan makin mirip sinetron...ternyata konsistensi dan keajegan menulis cerita itu perlu ya...hehehe
tau2 ada hape, tau2 ada konflik cinta segi4...ckckckkck

Dewiana Layuk Allo mengatakan...

tolooongg cepat keluarkan versi komiknya!! gila tega banget sih, dari jaman mak2 kita masih pada remaja ampe sekarang udah beranak masih belum tamat aja nih komik! paraaahh looo suzue miuchi

Anonim mengatakan...

Padahal ceritanya udah diujung,Maya sudah sampai pada peran BM dan sudah tau kalo Mawar Jingga itu Masumi. Aku harap sih ga lebih dari BM 15, cape ngikutinnya..tapi penasaran!!

Anonim mengatakan...

ya... aku kenal topeng kaca tahun 95-an. rasanya penasaran banget n sumpah sedih abis, wakru seorang temen bilang, ceritanya gak selesai krn mangakanya "meninggal bunuh diri".n lega banget waktu tau dia asal ngomong doang. seminngu berkabung..., sampe gak konsen ujian semester. Kacau kan!!!?
naahhh, gak kebayang dech, perasaan fans Topeng Kaca ini yg ngikutin dr awal. ada yang ampe udah nikah n punya anak!!!!!

"semuanya, kita doain semoga Suzue Miuchi dikasih hidayah sama Allah SWT, Tuhan YME, The Thy Lord, buat gak ngegantungin perasaan kita di lorong penasaran tak berujung ini"

sumpah!!! konyol kan kalo sampe terobsesi sama tokoh2 di komik itu, terus jadi kacau gara2 tuch cerita never ending

Anonim mengatakan...

ternyata bukan sy aja yg ngerasa tergantung oleh topeng kaca, tapi kalo sampe suzue miuchi bs buat ending yg bagus n buat lega hati fansnya hebat banget dia, sy aja ngikutinnya udh 17 th sampe punya anak 2, go terus suzue miuchi

Anonim mengatakan...

Ya ampiuuuun.... ternyata gak selesai juga cerita Bidadari Merahnya... padahal dah semangat 45 meluangkan waktu seharian membaca komik onlinenya. So kapan dong endingnya bisa diketahui??? Plz... kabar-kabir ya kalo ada perkembangan Bidadari Merah yang terbaru. Soale dah lebih dari 12 tahun nih menunggu Maya jadian sama Masumi..

(Donay)

Anonim mengatakan...

Mari kita berhitung..
Untuk seleksi BM minimum butuh 2 buku lagi.
Untuk cerita panggung BM minimum butuh 2 buku (2 putri aja ceritanya panjang).
Untuk menyelesaikan persoalan lain (Masumi-Shiori, Masumi-Eisuke, Eisuke-Mayuko, Masumi-Maya) kira2 1 buku.
Jadi total 5 buku lagi.
Kalau lancar, Sensei Miuchi bisa bikin 3 buku setaun. So, perkiraan akhir 2012 TK baru kelar di Jepang.

Marilah kita berdoa semoga semua lancar dan kita bisa puas dengan ending TK. Amiin.

Anonim mengatakan...

andai kita boleh ngegambar sendiri...melanjutkan cerita ini...biar ga tersiksa bertahun-tahun....he..he..

Anonim mengatakan...

Semoga penulisnya hidup sehat sampe manga ini selese! gag lucu kan kl dy tinggal mati ni TK tanpa akhir.... minimal dy kasi taulah maya ato ayumi yg bakal jd BMnya! T.T

Posting Komentar

 

©2009 www.ruangbaca.tk | Template Blue by TNB